Cari Blog Ini

Kamis, 11 Oktober 2012

Hubungan Manusia Dengan Lingkungan

Hubungan Manusia Dengan Lingkungan Ada 4. 

Lingkungan hidup dan pembangunan secara konsep berbeda namun keduanya saling mengkait dan memberikan makna penting bagi manusia. Lingkungan hidup menurut UU Nomor 4 Tahun 1982 meliputi semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
  •  Pengertian lingkungan sosial? 
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis, termasuk didalamnya adalah belajar. Yang dimaksud dengan lingkungan pada uraian ini hanya meliputi orang-orang atau manusia-manusia lain yang dapat memberikan pengaruh dan dapat dipengaruhi, sehingga kenyataannya akan menuntut suatu keharusan sebagai makhluk sosial yang dalam keadaan bergaul satu dengan yang lainnya. Terputusnya hubungan manusia dengan masyarakat manusia pada tahun-tahun permulaan perkembangannya, akan mengakibatkan berubahnya tabiat manusia sebagai manusia. Berubahnya tabiat manusia sebagai manusia dalam arti bahwa ia tidak akan mampu bergaul dan bertingkah laku dengan sesamanya. Dapat kita bayangkan andaikata seorang anak manusia yang sejak lahirnya dipisahkan dari pergaulan manusia sampai kira-kira berusia 10 tahun saja, walaupun diberinya cukup makanan dan minuman, akan tetapi serentak dia dihadapkan kepada pergaulan manusia, maka sudah dapat dipastikan bahwa dia tidak akan mampu berbicara dengan bahasa yang biasa, canggung pemalu dan lain-lain. Sehingga kalaupun dia kemudian dididik, maka penyesuaian dirinya itu akan berlangsung sangat lambat sekali.

  • Pengertian Lingkungan Sosial
Adalah lingkungan antar manusia yang meliputi: pola-pola hubungan sosial serta
kaidah pendukungnya yang berlaku dalam suatu lingkungan spasial (ruang);
yang ruang lingkupnya ditentukan oleh keberlakuan pola-pola hubungan sosial
Contohnya : 
Interaksi manusia di RT, RW, tempat kuliah, tempat kerja
tersebut (termasuk perilaku manusia didalamnya); dan oleh tingkat rasa integrasi
mereka yang berada di dalamnya.
  • Pengertian Lingkungan Fisik
Adalah semua keadaan yang terdapat disekitar tempat hidup, yang
akan mempengaruhi pada individu tersebut baik secara langsung
maupun tidak langsung.
Contohnya : Lingkungan Rumah, Kantor, Sekolah
  • Pengertian Lingkungan Biologi
Lingkungan biologis ini dapat memberi paparan yang beragam terhadap masyarakat, tergantung sikap masyarakat sendiri, bagaimana ia mengelola lingkungannya. Pembukaan hutan yang menyebabkan hewan liar kehilangan habitatnya, kehilangan lapisan humus yang subur, kehilangan daerah resapan air, juga yang penting adalah terjadinya kontak antara hewan liar dengan manusia, sehingga akhir-akhir ini bangyak terjadi wabah penyakit akibat penularan penyakit hewan (zoonosis), seperti yang terkenal dan mendunia adalah SARS, flu burung, flu babi,dll. Akan tetapi sebaliknya,terjadi pula penularan penyakit manusia pada hewan dikenal sebagai anthropozoonosis.
  •  pengertian lingkungan kimia
Kimia (dari bahasa Arab كيمياء "seni transformasi" dan bahasa Yunani χημεία khemeia "alkimia") adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom.

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun didalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Kimia lingkungan adalah studi ilmiah terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam. Bidang ilmu ini dapat didefinisikan sebagai studi terhadap sumber, reaksi, transpor, efek, dan nasib zat kimia di lingkungan udara, tanah, dan air; serta efek aktivitas manusia terhadapnya. Kimia lingkungan adalah ilmu antardisiplin yang memasukkan ilmu kimia atmosfer, akuatik, dan tanah, dan juga sangat bergantung dengan kimia analitik, ilmu lingkungan, dan bidang-bidang ilmu lainnya.
Kimia lingkungan pertama kali mempelajari bagaimana cara kerja lingkungan yang tak terkontaminasi, zat kimia apa dan berapa konsentrasi yang ada secara alami, dan apa efeknya. Tanpa hal ini, mustahil untuk mempelajari secara akurat efek manusia terhadap lingkungan dengan pelepasan zat kimia.
                                                                                    Sumber : Wikipedia.com
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar